ABM Investama (ABMM) Resmi Kempit 30% Saham Golden Energy Mines (GEMS)

20 September 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT ABM Investama Tbk  (ABMM) resmi mengempit 30% kepemilikan saham PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) pada 16 September 2022.

ABMM secara efektif memiliki 30% saham GEMS melalui PT Radhika Jananta Raya (RJR). Adapun Radhika Jananta Raya merupakan anak perusahaan ABMM yang dimiliki sepenuhnya secara tidak langsung.

ABMM mengempit 1,76 miliar saham  yang mewakili 30% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor dari GEMS. Adapun ABMM tidak memiliki saham GEMS sebelum transaksi.

ABMM membeli saham GEMS senilai Rp 3.536 per saham ditambah dengan imbalan yang ditangguhkan.

 

“Transaksi pembelian saham merupakan bagian dari strategi usaha ABM untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis di seluruh ekosistem usaha di dalam grup ABM,” tulis Rindra Donovan, Sekretaris Perusahaan ABM Investama dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Selasa (20/9).

Rindra mengatakan, ABMM melihat potensi yang ada pada GEMS, dimana aktivitas usaha GEMS sesuai dengan aktivitas usaha ABMm.

Dengan demikian, diharapkan transaksi pembelian saham ini akan menghasilkan pertumbuhan nilai secara bertahap, serta ruang lingkup sinergi yang meningkat bagi ABMM.

PT ABM Investama Tbk adalah sebuah perusahaan pertambangan batubara yang berkantor pusat di Jakarta.