Arkadia Digital (DIGI) Bakal Tambah 10 Situs Media Regional Tahun Ini

8 Juni 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) berencana menambah 10 situs media regional sambil fokus mengembangkan bisnis di luar media sehingga bisa membangun sebuah ekosistem.

Direktur Utama Arkadia Digital Media Suwarjono menyebut dalam tiga tahun terakhir pembaca dari situs regional mencatatkan pertumbuhan yang cukup tinggi. Dia bilang baik dari sisi traffic hingga revenue meningkat signifikan.

"Kami masih akan menambah 10 media regional karena di daerah ini pertumbuhan pembacanya cukup tinggi berdasarkan data perusahaan sepanjang tiga tahun terakhir," ujar dia dalam paparan publik secara virtual, Rabu (8/6).

Suwarjono bilang saat ini Arkadia telah memiliki 20 situs media regional yang punya pertumbuhan pendapatan yang cukup signifikan. Menurut dia, model bisnis di media-media regional ini juga berkembang.

Namun, Suwarjono juga mulai melirik bisnis selain media seperti agency, event organizer dan social media handling. Dengan begitu, Arkadia akan fokus membangun bisnis berbentuk ekosistem.

"Upaya yang kami lakukan dengan melakukan kolaborasi. Kedua menguatkan platform digital, serta model bisnisnya kami kembangkan tidak hanya sebagai media tetapi sebagai ekosistem," imbuh dia.

Suwarjono mengatakan, saat ini Arkadia sudah memiliki event organizer yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Kemudian, ada production house yang sudah beroperasi.

Selain itu, DIGI juga sedang merintis sebuah usaha seperti lembaga pendidikan yang mengandalkan pendanaan dari lembaga di luar negeri. Terakhir, DIGI menjalin kerja sama dengan lembaga donor asal Norwegia.

DIGI juga akan berkonsentrasi pada penguatan platform news digital. Dengan cara menggandeng content creator atau publisher yang secara bisnis berat tapi punya konten bagus sambil membantu proses monetisasi.

Lalu, Arkadia akan fokus mengembangkan machine learning atau Single Sign On (SSO). Pengembangan ini diharapkan dapat menjaring para partner untuk bergabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News