Bangun Ekosistem, Smartfren (FREN) Ajak DANA, Vidio, hingga Lazada

23 Oktober 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id – Operator telekomunikasi milik Grup Sinar Mas, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) tengah menyiapkan diri untuk juga berfokus pada bisnis konektivitas melalui ekosistem yang lengkap, tak hanya menjadi pemain di industri telekomunikasi.

Smartfren berinisiatif untuk berkolaborasi dengan sejumlah lini usaha Grup Sinar Mas maupun pihak eksternal seperti DANA, Vidio, dan Lazada dalam sebuah ekosistem. Sebab platform digital tidak akan berguna jika ekosistemnya tidak lengkap. Smartfren akan terus melakukan pengembangan sekaligus membangun aset secara paralel.

“Kami juga harus memanfaatkan platform-platform ini dalam aplikasi yang lebih tinggi. Kami menyiapkan IoT dan banyak aplikasi berbasis artifical intelligence (AI), blockchain, dan lain-lain. Semua ekosistem berjalan paralel," kata Direktur Utama Smartfren Telecom Merza Fachys dalam acara ‘Kupas Tuntas’ yang digelar Samuel Sekuritas, baru-baru ini.

Merza meyakini bahwa FREN ke depan bakal menjadi pemain digital yang lengkap baik platform digital terutama ekosistem konten maupun aplikasi-aplikasi, yang akan mengantarkan informasi dan konten untuk dinikmati pengguna maupun industri.

“Kami akan fokus menggunakan blockchain, 5G juga segera meluncur, data center sedang dibangun, edge computing berjalan sesuai perkembangan, dan AI sebagai basis yang kami gunakan,” bebernya.

Mengenai 5G, Merza menjelaskan bahwa FREN akan menggelarnya di area-area industri dan perumahan maupun area-area yang tidak dilayani serat optik. Termasuk, menggelar 5G di proyek kereta cepat dan tempat-tempat pariwisata premium seperti Labuan Bajo dan Nusa Dua, Bali.

“Demikian cita-cita kami. FREN akan menjadi the most sophisticated digital infrastructure platform providing immersive digital experience and solution. Apalagi, Sinar Mas juga masih berkomitmen kuat untuk mengembangkan FREN,” ujar Merza.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily