Bareng Mitsubishi dan SEPCOIII, WIKA Garap Pembangkit Listrik Tenaga Geotermal

14 November 2022 | Sumber: investor.id

BALI, investor.id – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bakal menggarap proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai Unit 2 Geothermal FCRS dan power plant milik PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). Melalui proyek tersebut, Wika menargetkan baruan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23%.

Dalam proyek yang belum diungkap nilai investasinya tersebut, emiten konstruksi pelat merah itu bakal tergabung dalam konsorsium bersama Mitsubishi Corporation dan SEPCOIII Electric Power Construction.

Direktur Operasi II WIKA Harum Akhmad Zuhdi menjelaskan, keterlibatan WIKA sebagai konsorsium EPC pembangunan PLTP Lumut Balai 2 menunjukkan dukungan perseroan terhadap program pemerintah dalam menggalakkan dekarbonisasi.

Hal ini juga menjadi smart portfolio perseroan yang kompeten dalam menangkap proyek-proyek EBT sejenis di masa mendatang.

"Kesepakatan ini sekaligus membuktikan komitmen perseroan untuk mewujudkan target baruan EBT sebesar 23% di Indonesia pada 2025,” jelas Harum dalam keterangan tertulis, Senin (14/11/2022).

Pada kesepakatan PLTP Lumut Balai unit 2 berkapasitas 55 MW ini, WIKA menggarap lingkup pekerjaan sipil PLTP dan pekerjaan sipil EPC pada koridor pipa uap Fluid Collection and Reinjection System (FCRS).

Proyek yang berlokasi di Lumut Balai dan Margabanyur, Sumatera Selatan ini merupakan proyek pengembangan PLTP Lumut Balai Unit 1 yang berhasil dituntaskan WIKA pada pekerjaan sipil Geothermal Power Plant (GPP) tahun 2019.

Adapun penandatanganan kontrak proyek Lumut Balai Unit 2 diteken langsung Direktur Operasi II WIKA Harum Akhmad Zuhdi beserta representatif dari Mitsubishi Corporation dan SEPCOIII Electric Power Construction. Penandatanganan ini bersamaan dengan salah satu rangkaian acara B20 pada sesi Joint Opening Net Zero Summit and B20 Investment Forum, pekan lalu.

Kawasan Lumut Balai dan Margabanyur yang menyimpan panas bumi cukup besar dimanfaatkan sebagai PLTP dengan memanfaatkan steam panas bumi untuk menggerakkan turbin yang akan menghasilkan listrik melalui production well, yang terus berlanjut sampai melahirkan siklus renewable energy.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily