Begini Penjelasan Kalbe Farma (KLBF) Soal Investasi Samudera Indonesia di Anak Usaha

13 September 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) memberikan penjelasan terkait kolaborasi dengan PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR). SMDR diketahui bakal berinvestasi sebesar 20% di anak usaha KLBF, Mostrans yaitu platform digital untuk produk farmasi dan kesehatan.

Sekretaris Perusahaan PT Kalbe Farma Tbk Lukito Kurniawan Gozali menjelaskan, alasan berkolaborasi dengan SMDR adalah untuk peningkatan bisnis logistik. Riwayat SMDR sebagai salah satu perusahaan besar di sektor pelayaran menjadi landasan terbentuknya kongsi ini.

"Diharapkan kolaborasi ini akan meningkatkan penjualan Mostrans. Fungsinya adalah untuk tingkatkan utilisasi dari pemilik," ucap Lukito dalam paparan publik virtual, Selasa (13/9).

Lukito bilang, investasi SMDR pada anak usaha ini menjadi tujuan yang telah dicanangkan KLBF. Meski tidak menyebutkan secara detail, namun Lukito mengonfirmasi investasi SMDR nantinya dengan jumlah kepemilikan sebesar 20% di Mostrans.

Direktur Keuangan KLBF Bernardus Karmin Winata menambahkan, segmen bisnis distribusi dan logistik telah menjadi penyokong utama pendapatan perusahaan. Karena itu, KLBF memandang penting perluasan jaringan dalam menjalani bisnis logistik di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, bisnis logistik KLBF dikelola oleh PT Enseval Putra Megatrading Tbk (EPMT) dengan jumlah kepemilikan saham 92,47%. Pada dasarnya, EPMT cuma mendistribusikan produk kesehatan. Namun mulai mengangkut produk bahan baku kimia ataupun kosmetik.

"Kita melihat perkembangan bisnis logistik lebih lanjut, namun kami masih fokus pada bisnis kesehatan," pungkas Karmin.