Begini strategi Argo Pantes (ARGO) tahun ini untuk mengurangi ekuitas negatif

23 Februari 2021 | Sumber: kontan

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Argo Pantes Tbk (ARGO) tercatat memiliki ekuitas negatif US$ 89,81 juta per kuartal ketiga 2020. Jumlah ini meningkat dari akhir 2019 yang tercatat posisi ekuitas sebesar negatif US$ 86,63 juta. 

Sekretaris Perusahaan Argo Pantes Citra Tanjung Natalia melihat prospek bisnis di tahun ini akan lebih baik daripada tahun lalu sejalan dengan upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Untuk memanfaatkan momentum tersebut, ARGO akan mengoptimalkan kerja sama yang terjalin dengan afiliasi yaitu PT Argo Manunggal Triasta sejak 2019 lalu. 

Kerjasama tersebut meliputi semua kegiatan produksi tekstil yang dilakukan oleh Argo Manunggal Triasta dengan menggunakan mesin ARGO dan penjualan dilakukan oleh Argo Manunggal Triasta. Kerja sama ini diperkirakan bakal memberi nilai tambah kepada ARGO selama masa proyeksi 2019-2023 dengan rata-rata sebesar US$ 4,43 juta per tahun atau 81,4% per tahun, bila dibandingkan dengan tidak dilakukannya kerjasama. 

Di sisi lain, ARGO akan melakukan efisiensi sehingga di tahun ini belum menganggarkan belanja modal. "Untuk tahun ini targetnya kami tidak berani patok banyak karena perekonomian masih lesu. Kami cuma berharap minus ekuitasnya tidak semakin membesar terlebih dahulu," kata Citra kepada Kontan.co.id, Rabu (23/2). 

Citra berharap sektor bisnis garmen dan usaha baru di bidang sewa akan bisa optimal untuk mendorong kinerja di tahun ini.