Beli 189,90 juta saham Indointernet (EDGE), Digital Edge jadi pengendali baru

15 Juni 2021 | Sumber: kontan

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan yang berkedudukan di Hong Kong, Digital Edge, membeli 189,90 juta saham PT Indointernet Tbk (EDGE) pada Jumat 11 Juni 2021. Jumlah tersebut setara 47% dari seluruh saham yang telah dikeluarkan dan disetor Indointernet. Adapun harga pembelian saham Rp 10.495 per saham. 

"Transaksi pembelian saham perusahaan mengakibatkan perubahan pengendalian atas perusahaan," kata Sekretaris Perusahaan Indointernet Donauly E Situmorang dalam keterbukaan informasi, Selasa (15/6). 

Dengan aksi pembelian ini, Digital Edge kini menggenggam 238,79 juta saham EDGE. Jumlah tersebut setara 59,1% dari modal disetor Indointernet. Oleh karena itu, Digital Edge menjadi pengendali baru atas EDGE. 

Indointernet menambahkan, tidak ada hubungan afiliasi antara Digital Edge sebagai pengendali baru dengan Otto Toto Sugiri sebagai pengendali lama. Adapun EDGE merupakan perusahaan yang berkedudukan di Hong Kong dan bergerak dalam bidang data center, informasi teknologi, cloud, real estate, infrastruktur jaringan, dan perusahaan holding

Asal tahu saja, Digital Edge berencana membangun dan berinvestasi dalam platform infrastruktur digital yang sempurna dan terintegrasi yang terdiri dari pusat data dan aset jaringan di berbagai negara di seluruh Asia Pasifik. Langkah pembelian saham ini dapat  mendukung permintaan  layanan jaringan dan pusat data yang meningkat dari pelanggan lokal, regional, dan global. 

Investasi Digital Edge itu berfungsi sebagai pijakan penting untuk platformnya, dan memberikan pelanggannya akses ke pasar Indonesia. Di samping itu,  pelanggan EDGE juga mendapatkan akses ke portofolio produk dan layanan Digital Edge yang lebih luas di luar Indonesia.