Central Proteina Prima (CPRO) Mengincar Kenaikan Penjualan Hingga 10% Tahun Ini

13 Januari 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Central Proteina Prima Tbk (CPRO), mengincar pertumbuhan penjualan 5% hingga 10% sepanjang tahun 2022. Emiten yang bergerak di industri produk makanan pertanian ini berharap penjualannya di tahun 2022 mencapai di atas Rp 8,5 triliun, dengan EBITDA sekitar Rp 1 triliun dan laba bersih hingga Rp 500 miliar. 

"Target penjualan tersebut sebagian besar tetap berasal dari penjualan pakan, terutama dari peningkatan penjualan pakan hewan kesayangan dan pakan budidaya perikanan," ujar Direktur Utama Central Proteina Prima Hendri Laiman dalam keterangan resminya, Kamis (13/1). 

Untuk mendukung peningkatan penjualan, CPRO menganggarkan capital expenditure atawa capex hingga Rp 320 miliar tahun ini. Sebagian besar capex akan dimanfaatkan untuk membangun fasilitas produksi baru. Di antaranya, pabrik pakan hewan kesayangan, pabrik makanan beku, fasilitas pembenuran udang dan beberapa proyek lainnya. Sementara, sisa capex akan dianggarkan untuk memelihara fasilitas produksi yang sudah ada. 

Asal tahu saja, saat ini ada dua proyek yang dalam proses pembangunan, yakni fasilitas pabrik pakan hewan kesayangan yang juga bisa memproduksi pakan ikan dan pabrik makanan olahan. CPRO memperkirakan, total investasi yang dibutuhkan untuk membangun pabrik pakan hewan kesayangan dan pabrik makanan olahan yang baru ini adalah sekitar Rp 400 miliar. 

Pembangunan pabrik pakan hewan kesayangan dan makanan olahan bertujuan mengambil potensi pasar yang sedang berkembang pesat. Selain itu, CPRO juga terus meningkatkan kapasitas produksi sejalan dengan yang sudah dilakukan pada beberapa tahun sebelumnya, di mana CPRO terus meningkatkan kapasitas produksi pakan ikan apung.

"Ini menjadi landasan agar CPRO tidak melewatkan kesempatan dan peluang pasar di masa depan," pungkas Hendri.