Darma Henwa (DEWA) bukukan kenaikan kinerja operasional pada kuartal III 2020

17 Oktober 2020 | Sumber: kontan

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19, PT Darma Henwa Tbk (DEWA) masih mampu mencatatkan kenaikan realisasi kinerja operasional, baik volume produksi pengupasan lapisan (overburden removal/OB) maupun produksi (coal delivery) batubara.

Chief Investor Relations & Corporate Secretary Darma Henwa,Mukson Arif Rosyidi, merinci, realisasi volume produksi overburden (OB) DEWA untuk periode Januari-September 2020 adalah sebesar 86.03 juta bank cubic meter (bcm). Torehan ini meningkat 4,02% dari pencapaian produksi overburden periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun kontribusi terbesar produksi OB disumbang oleh proyek batubara Bengalon (Bengalon Coal Project/BCP) yaitu sebesar 60.36 juta bcm atau sebesar 70.17% dari total produksi lapisan tanah DEWA di sembilan bulan pertama 2020.

Sementara realisasi coal delivery untuk periode Januari – September 2020 sebesar 12.77 juta ton batubara, atau meningkat 11.61% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Dengan capaian volume produksi overburden Januari – September 2020 sebesar 86.03 juta bcm, dan berharap kondisi cuaca di tiga bulan mendatang cukup kondusif, maka kami berharap pencapaian sampai dengan akhir tahun dapat membaik,” ujar Mukson kepada Kontan.co.id.

Mukson juga membeberkan sejumlah perkembangan proyek dan kontrak yang didapat DEWA sejauh ini. Untuk perkembangan proyek penambangan seng dan timah di Dairi, Sumatra Utara, misalnya, DEWA saat ini tengah melakukan pembahasan denga klien terkait finalisasi kontrak pengerjaan pembangunan infrastruktur tambang.

Mukson melanjutkan, terdapat pemunduran dan penyesuaian jadwal untuk pengerjaan proyek di Dairi dan pengerjaan proyek di Palu, Sulawesi Tengah.

Dus, sampai dengan saat ini masih belum ada informasi yang pasti terkait kapan waktu spesifik untuk memulai pekerjaan dari klien. “Namun demikian, kami berharap proyek-proyek tersebut dapat dimulai pada semester pertama tahun 2021,” sambung dia.

DEWA pun telah menyiapkan strategi untuk menjaga kinerja di tengah terjagangan pandemi, diantaranya dengan meningkatkan kinerja alat produksi serta menerapkan design & mining sequencing yang lebih efektif dan efisien.

DEWA juga berupaya meningkatkan produktivitas serta mengurangi fuel consumption dengan meningkatkan kwalitas jalan tambang, mengurangi tingkat kemiringan jalan tambang, dan membuka area waste dump yang lebih efisien.