DCI Indonesia (DCII) Kolaborasi dengan Google, soal Apa?

10 November 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id – PT DCI Indonesia Tbk (DCII) bersama Google mengumumkan kolaborasi untuk mendukung perusahaan dalam mengatasi tantangan migrasi Information and Technology (IT) yang membatasi inovasi berbasis data. DCII sendiri telah mengembangkan inovasi cloud hybrid lokal yang disebut DCI Enterprise Database Solution (EDS), yang akan tersedia sebagai managed services di Google Cloud Marketplace.

Solusi DCI EDS dirancang untuk perusahaan-perusahaan dengan database khusus yang tidak dapat dengan mudah dipindahkan ke cloud. Namun, solusi itu tetap mendapatkan manfaat dari layanan berbasis cloud, yang juga memerlukan akses ke data yang disimpan dalam sistem DCI EDS ini.

Dengan meletakan database khusus mereka di DCI EDS, perusahaan dapat lebih efektif dengan memanfaatkan analisis data, kecerdasan buatan (AI), dan machine learning di Google Cloud untuk melayani pelanggan mereka dengan lebih baik dan mendapatkan keunggulan kompetitif baru.

Pendiri dan Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk Toto Sugiri mengatakan, kompleksitas, biaya, dan risiko yang terkait dengan migrasi IT seringkali menghalangi keberhasilan transformasi digital. Pada saat yang sama, tidak masuk akal bagi perusahaan untuk membeli peralatan mereka sendiri, yang mungkin tidak akan mereka gunakan dalam jangka panjang, membutuhkan pengeluaran modal yang signifikan, dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dikirim.

“Untuk membantu mereka mengatasi masalah ini dan mengambil langkah signifikan menuju modernisasi database mereka untuk masa depan cloud native, kami telah bekerja sama dengan Google Cloud untuk merancang solusi server-as-a-service yang fleksibel,” kata Toto dalam keterangan persnya, Kamis (10/11/2022).

Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie menambahkan, perkembangan ekonomi digital Indonesia membuka peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh dengan memenuhi ekspektasi pelanggan mereka terhadap aplikasi digital yang selalu aktif, mudah digunakan, aman, dan dapat dikustomisasi.

“Dengan DCI, kami menciptakan solusi infrastruktur terbuka yang akan membantu perusahaan mengatasi hambatan ini dan menuju ke fase transformasi digital berikutnya. Dengan DCI EDS, mereka dapat mengoptimalkan penggunaan model operasi cloud – model yang dapat meningkatkan kecepatan inovasi dan memberikan efisiensi biaya, tanpa pengadaan perangkat keras atau mempertaruhkan waktu henti aplikasi,” tandas Khie.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily