Delta Djakarta (DLTA) Tebar Dividen Jumbo Rp 300 per Saham, Menarik Dikoleksi?

23 Juni 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) akan menebar dividen dengan yield dan nilai yang cukup besar. Namun sebelum menikmati aksi korporasi ini pelaku pasar perlu mencermati beberapa hal.

DLTA sepakat akan membagikan dividen senilai Rp 300 per saham dengan cum date pada Jumat (24/6). Hingga akhir sesi satu perdagangan, Kamis (23/6), saham DLTA parkir level Rp 4.160 dengan rasio dividen mencapai 7,21%.  

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera William Wibowo menganalisis secara likuiditas dan kinerja perusahaan, pembagian dividen DLTA kali ini masih termasuk pembagian keuntungan yang sehat. Hal ini mengingat sejak tahun lalu hingga kuartal pertama 2022 ini perusahaan dapat mencetak profit secara konsisten. 

Sebagai gambaran, DLTA berhasil mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 24,68% yoy menjadi Rp 546,33 miliar di akhir 31 Desember 2021. Sementara, laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tumbuh 51,60% yoy Rp 188,04 miliar sepanjang tahun lalu. 

Dalam tiga bulan pertama ini, DLTA berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp 198,82 miliar atau bertambah 13,49 %. Laba bersih perseroan tumbuh 8,86% secara tahunan menjadi Rp 61,69 miliar. 

"Secara likuiditas sahamnya, volume perdagangan masih bagus dan likuid. Memang secara pergerakan harga DLTA saat ini cukup terbatas, tapi hal ini masih dalam rentang koreksi wajar," kata dia kepada Kontan, Kamis (23/6). 

Dengan yield dividen jumbo ini, William menyarankan investor untuk tetap mempelajari laporan keuangan dan pemberitaan mengenai emiten yang hendak diincar, termasuk DTLA. 

Di sisi lain investor juga perlu memperhatikan pergerakan harga sebagai bahan pertimbangan dari sisi tren harganya. Dia juga mengingatkan pelaku pasar untuk membuat perencanaan sehingga tidak greedy terhadap sesuatu.  

Adapun pembayaran dividen tunai akan dibagikan kepada pemegang saham DLTA yang namanya terdaftar pada 28 Juni 2022. Sedangkan jadwal pembayaran dividen saham DLTA diagendakan pada 15 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News