Ditanya Dividen, Bos BSD (BSDE) Beri Penjelasan

16 September 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) Hermawan Wijaya memberikan penjelasan perihal dividen perseroan.

Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan salah satu peserta di acara Public Expose Live 2022 BSDE, Kamis (15/9/2022). Peserta tersebut menanyakan apakah ada rencana perseroan membagikan dividen kembali?

Hermawan mengakui bahwa sejak beberapa tahun lalu, perseroan sudah tidak membagikan dividen. Keputusan tersebut diambil setelah melalui pelbagai pertimbangan.

“Pertama sekali adalah periode beberapa tahun lalu itu yang menjadi tantangan besar bagi perusahaan-perusahaan properti untuk tetap survive di kondisi pandemi maupun tahun politik saat sebelumnya itu,” terang Hermawan.

Kedua, lanjutnya, adalah mengenai dana yang diperlukan BSDE untuk pengembangan ataupun untuk pertumbuhan perseroan sendiri.

“BSD masih memiliki izin lokasi yang cukup besar di area BSD untuk kita lakukan akuisisi juga. Tapi tentunya itu sangat terukur dan kita usahakan untuk mengakuisisi lahan di area BSD City, khususnya  dengan harga yang sudah kita tetapkan, yang kita coba untuk maksimalkan gross margin pada saatnya nanti,” papar Hermawan.

Menurut dia, terkait dividen, ketersediaan dana menjadi faktor penting untuk pembagian dividen. Selain itu, kebutuhan capital expenditure (capex) juga menjadi pertimbangan untuk pengembangan beberapa tahun ke depan.

“Kita melihat bahwa periode sebelumnya, sebelum tahun 2022, ataupun ke depannya ada tantangan tersendiri juga bagi kita untuk mempersiapkan diri menghadapi kondisi yang tidak pasti juga,” katanya.

“Jadi tentu kita akan lihat untuk tahun ini atau tahun-tahun yang akan datang apakah kita bisa membagikan dividen atau tidak itu tergantung dari kebutuhan capex yang ada dan juga melihat kondisi ekonomi dan kondisi tantangan bagi properti dan developer tersebut,” imbuh dia.

“Pada akhirnya kita mencoba untuk meningkatkan nilai daripada perusahaan dan kita coba kita keep untuk pertumbuhan tersebut,” pungkas Hermawan.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily