Edukasi Milenial Jadi Developer, BTN Raih CSR Awards 2023

1 Juni 2023 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id – Berkat mengedukasi generasi muda yakni milenial terkait bisnis pengembangan (developer) perumahan, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau BTN berhasil meraih CSR Awards 2023 dari B-Universe untuk kategori Program TJSL Pelatihan Developer sebagai inisiatif CSR perusahaan.

Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan, pihaknya menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang masih berkaitan dengan bisnis perusahaan, yakni ekosistem perumahan. “Tentunya waktu kami membuat CSR value, kami punya TJSL itu untuk mengembangkan developer. Jadi dalam hal ini, developer muda milenial. Kami meliterasi para milenial terkait developers,” jelas Ramon, usai menerima penghargaan di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, Rabu malam (31/5/2023).

Dia menyebutkan, tujuan TJSL ini nantinya turut menjamin terciptanya masa depan bisnis pengembang perumahan yang juga berpotensi membuka pasar baru bagi BTN. Dengan begitu, keberlanjutan (sustainability) bisnis atau siklus ekonomi perusahaan ikut terjaga.

“Karena itu kami memilih CSR-nya memberikan literasi kepada developer-developer muda, dalam hal ini milenial," imbuh Ramon.

Ia berharap, ke depannya, manajemen tetap mengembangkan kegiatan CSR, khususnya di bidang pengembangan perumahan kepada milenial, santri, hingga generasi muda di pelosok negeri. "Hal ini balik lagi, bertujuan mengembalikan atau tetap menjaga market BTN di masa yang akan datang. Karena tentunya, hidup tidak cuma tentang hari ini, sesuai tagline BTN," ucap Ramon.

Sebagai informasi, B-Universe CSR Award 2023 bukanlah penghargaan yang mudah diraih. Sejumlah 19 perusahaan yang menerima penganugerahan CSR Award 2023 adalah mereka yang berhasil melewati sejumlah tahap seleksi dan penjurian secara ketat.

Direktur Pemberitaan B-Universe Apreyvita Wulansari menjelaskan, pihaknya telah melakukan penjaringan sejak Februari 2023 dari 700 perusahaan terbuka di pasar modal maupun private company. Tahap pertama, 700 perusahaan tersebut diseleksi dengan melihat skoring CSR. Tahap ini berlangsung pada 2021-2022 yang terdapat di dalam report CSR Hub.

Seleksi tahap pertama tersebut menjaring 100 perusahaan untuk diundang mengikuti tahap selanjutnya. Pada tahap ini setiap perusahaan dikirimkan formulir untuk diisi masing-masing perusahaan, dengan mengajukan CSR unggulan masing-masing, kemudian diseleksi berkas pengajuan oleh dewan juri. Hasil seleksi tahap kedua ini menghasilkan 45 perusahaan, untuk mengikuti tahap selanjutnya, tahap ketiga yaitu penjurian virtual dengan dewan juri. Penjurian virtual berlangsung sekira 8-17 Mei 2023.

Tahap ketiga atau penjurian virtual itu kemudian memilih 19 perusahaan dengan program CSR terbaik untuk menerima penghargaan CSR Award 2023. Penjurian dalam proses tersebut dilakukan oleh tiga orang akademisi dan praktisi Pengajar dan Peneliti Global Business Marketing Binus Business School Wahyu T Setyobudi, Staf Institut Penelitian Bogor (IPB) Emilia Bassar, dan Dewan Pakar KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governansi) Mas Achmad Daniri.

Tahapan terakhir, Juri Kehormatan yang terdiri dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Komisaris Utama B-Universe Enggartiasto Lukita memilih satu dari tiga perusahaan dengan nilai tertinggi untuk menempati posisi puncak.

“Kami sengaja mengadakan event ini untuk memberikan penghargaan tertinggi, apresiasi terbaik, kepada perusahaan-perusahaan yang masih terus konsisten menjalankan program CSR mereka, walau pun kondisi ekonomi saat ini sedang tidak menentu,” pungkas Apreyvita.

Editor: Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS