Energi Mega (ENRG) Temukan Minyak Baru 115 Juta Barel diBlok KKS Malacca Strait

6 Juni 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) atau EMP melalui anak usahanya, PT Imbang Tata Alam (ITA), yang merupakan operator dan pemilik 100% working interest di blok KKS Malacca Strait, telah mendapatkan temuan minyak baru sebesar 115 juta barel dari blok KKS Malacca Strait. Temuan minyak baru tersebut sedang dalam proses sertifikasi oleh Gaffney Cline & Associates, yang merupakan salah satu konsultan migas terkemuka di dunia.

Berdasarkan pekerjaan Optimisasi Pengembangan Lapangan Lanjutan (OPLL) di Lapangan TB, ITA juga berhasil menemukan tambahan jumlah minyak di tempat sebesar 41 juta barel. Untuk itu jumlah total penemuan minyak ditempat (Original Oil in Place) di lapangan TB dan Ringgit menjadi sebesar 156 juta barel (115 juta barel + 41 juta barel).

”Penemuan minyak baru tersebut akan berdampak positif terhadap kinerja produksi dan keuangan Perusahaan dalam waktu dekat ini. Dengan diselesaikannya aktifitas pemboran di lokasi temuan minyak baru tersebut, diharapkan ITA sebagai operator dan pemilik working interest di blok KKS Malacca Strait dapat menjadi salah satu dari 10 produsen minyak terbesar di Indonesia. Kami akan terus mendukung target Pemerintah untuk mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030," kata CEO EMP Syailendra Bakrie dalam keterangan resmi, Senin (6/6/2022).

CFO EMP Edoardus Ardianto menambahkan, penemuan minyak baru tersebut merupakan kesuksesan atas aktifitas pemboran di lapangan minyak TB dan Ringgit yang merupakan bagian dari blok KKS Malacca Strait. ITA akan melakukan pemboran di 19 sumur pengembangan di lapangan terkait untuk mulai memproduksikan temuan minyak baru tersebut.

Adapun, estimasi pengeluaran (biaya terkait) untuk memproduksikan temuan cadangan minyak ini secara komersial adalah sekitar Rp 2-2,5 triliun di tahun 2022 dan 2023. "Kami juga berterima kasih kepada SKK Migas atas dukungan dan kerjasamanya dalam pengoperasian aset-aset migas kami selama ini," katanya. 

Sementara itu, Kepala SKK Migas Dwi Sutjipto menjelaskan bahwa SKK Migas memberi dukungan penuh terhadap kegiatan-kegiatan eksplorasi dan pengembangan yang dilakukan oleh seluruh KKKS, termasuk temuan kandungan minyak oleh ITA di Blok KKS Malacca Strait ini. Selanjutnya SKK Migas akan melanjutkan kerjasama dengan KKKS untuk memenuhi target produksi migas nasional.

"Diharapkan harga minyak dan gas yang cukup tinggi saat ini dapat memotivasi KKKS untuk percepatan kegiatan eksplorasi dan pengembangan yang tengah dilakukan," ungkapnya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily