Garap Bisnis Gift Card, Erajaya (ERAA) Dirikan Perusahaan Patungan Lewat Anak Usaha

21 September 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) melalui anak usaha tidak langsung yaitu PT Prakarsa Prima Sentosa (PPS) mendirikan perusahaan patungan bersama perusahaan asal Singapura, Blackhawk Network Pte Ltd (BHN).

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dipublikasikan Rabu (21/9), manajemen ERAA menyebutkan tujuan transaksi ini guna menggarap bisnis gift cardGift card adalah kartu dengan nominal tertentu yang bisa dijadikan sebagai alat pembayaran di toko tertentu.

"Tujuan transaksi untuk membentuk suatu perusahaan patungan yang bergerak melakukan pemasaran sejumlah produk, baik gift card, seperti e-gift card, prepaid card, unique gift card, dan digital commerce," tulis Amelia Allen, Head of Legal & Corporate Secretary ERAA, Rabu (21/9).

Amelia bilang, pembantukan perusahaan patungan akan memberikan dampak pada bertambahnya lini bisnis yang dimiliki oleh Erajaya. Pembentukan usaha patungan ini tercatat pada 21 September 2022. ERAA menyebut, tidak ada hubungan afiliasi antara pihak-pihak yang melakukan transaksi.

Prakarsa Prima Sentosa merupakan anak perusahaan terkendali dengan kepemilikan secara tidak langsung melalui PT Erafone Artha Retailindo (EAR), dengan persentase kepemilikan 80% oleh Erajaya. EAR merupakan anak usaha yang berada di bawah vertical business Erajaya Digital.

Sementara Blackhawk Network Pte Ltd (BHN) merupakan suatu perseroan terbatas yang didirikan dan tunduk berdasarkan hukum negara Singapura.