Gurita Bisnis Hermanto Tanoko: dari Cat, Air Minum, sampai Distributor Farmasi yang Mau IPO

12 Januari 2023 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - Konglomerat Hermanto Tanoko merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan Real-Time Billionaires dari Forbes, Kamis (12/1/2023) siang, Hermanto dan kakaknya Wijono Tanoko merupakan orang terkaya ke-12 dengan nilai kekayaan US$ 2,9 miliar.

Kekayaan Hermanto Tanoko ditopang dengan bisnisnya yang beragam. Dia memiliki 41 bisnis usaha yang didukung dengan banyak perusahaan. “41 bisnis usaha, PT-nya banyak,” ungkap Hermanto Tanoko dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (12/1/2023).

Tercatat dirinya melalui Tancorp Group memiliki sejumlah perusahaan terbuka, sebut saja produsen air minum kemasan PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), PT Mega Printis Tbk (ZONE), PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE), PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO), dan PT Avia Avian Tbk (AVIA) atau Cat Avian.

Belum lagi, Hermanto Tanoko lewat Tancorp kini sudah menguasai 752.636.700 saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) atau dengan porsi kepemilikan 62,55%.

Dan yang terbaru, ada satu perusahaannya yang siap menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO), yakni PT Penta Valent Tbk (PEVE) yang bergerak di bidang distribusi farmasi. Di PEVE, Hermanto menggenggam 50,44% saham melalui PT Tancorp Mega Buana.

Tancorp Mega Buana baru masuk menjadi pemegang saham PEVE pada tahun 2022. Berdasarkan Akta Pernyataan Sirkuler Pemegang Saham Sebagai Pengganti RUPSLB No. 09 tanggal 17 Mei 2022, pemegang saham saat itu sepakat untuk PEVE melakukan penerbitan saham pesanan kepada PT Tancorp Mega Buana sejumlah Rp 14,25 miliar yang telah disetor secara penuh ke dalam kas perseroan oleh PT Tancorp Mega Buana, sesuai dengan bukti setor pada tanggal 18 Mei 2022 yang disetorkan melalui Panin Bank senilai Rp 89 miliar. Selain itu, Hermanto Tanoko pun menduduki kursi komisaris utama PEVE.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily