Indika (INDY) Ungkap Aksi Terbaru, Ada Kaitan dengan Tambang Emas

7 Maret 2023 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - PT Indika Energy Tbk (INDY) mengumumkan aksi terbarunya. Pada tanggal 2 Maret 2023, perseroan telah menandatangani perjanjian fasilitas kredit US$ 250 juta (sekitar Rp 3,8 triliun).

Penandatanganan perjanjian fasilitas kredit itu dilakukan bersama dengan para anak perusahaan perseroan, yaitu PT Indika Inti Corpindo, PT Tripatra Multi Energi, PT Tripatra Engineering, PT Tripatra Engineers and Constructors, dan Tripatra (Singapore) Pte Ltd sebagai para penanggung awal. Lalu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank UOB Indonesia, Bank DBS Indonesia, KB Bukopin, yang bertindak secara sendiri-sendiri atau bersama-sama, sebagai pengatur.

Kemudian dengan Bank BNI, sebagai agen. Bank Mandiri sebagai agen jaminan. Dan Bank Mandiri dan Bank BNI, masing-masing bertindak sebagai bank rekening.

“PT Indika Inti Corpindo, PT Tripatra Multi Energi, PT Tripatra Engineering, PT Tripatra Engineers and Constructors, dan Tripatra (Singapore) Pte Ltd adalah anak-anak perusahaan dari perseroan yang dimiliki oleh perseroan sebesar 100% secara langsung dan tidak langsung,” jelas Sekretaris Perusahan Indika Energy Adi Pramono dalam keterbukaan informasi dikutip Selasa (7/3/2023).

Selain perjanjian fasilitas, lanjut Adi, perseroan dan para pihak sebagaimana disebutkan di atas juga menandatangani surat fasilitas, perjanjian konfirmasi jaminan, dan surat tambahan untuk perjanjian antarkreditur.

Perjanjian fasilitas tersebut dijamin secara pari passu berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam indenture untuk surat utang senior 5,875% sebesar US$ 575 juta dan surat utang senior 8,250% sebesar US$ 675 juta.

Menurut Adi, perjanjian fasilitas ini akan dipergunakan untuk pengembangan dan pembangunan Proyek Awak Mas dari PT Masmindo Dwi Area. Dalam website Indika dijelaskan proyek emas Awak Mas memiliki potensi sumber daya sebesar 2,0 juta ons emas dan potensi cadangan 1,1 juta ons emas.

“Transaksi ini tidak berdampak material, namun akan meningkatkan kinerja perseroan,” pungkas Adi.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)