Kuartal III, Rugi Bersih Acset Indonusa (ACST) Terpangkas 41% Jadi Rp 227 Miliar

29 Oktober 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id — Emiten jasa konstruksi, PT Acset Indonusa Tbk (ACST) mengumumkan kinerja kuartal III-2021, dengan membukukan posisi rugi bersih sebesar Rp227 miliar. Kendati begitu, angka ini menunjukan perbaikan sebesar 41%, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat menderita rugi bersih Rp386 miliar.

Sekretaris Perusahaan PT Acset Indonusa Tbk, Maria Cesilia Hapsari, menyampaikan di tengah kondisi yang menantang, ACST terus berupaya melakukan perbaikan kondisi keuangan diantaranya yang berdampak langsung terhadap penurunan cadangan provisi aset keuangan.

Dikatakan, hingga kini, ACST memperoleh capaian kontrak baru sebesar Rp1,1 triliun, raihan tersebut setara dengan kenaikan tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yaitu sebanyak Rp370 miliar.

“Capaian tersebut tidak lepas dari dukungan rantai nilai Grup Astra melalui proyek penambahan lajur Cikande – Serang Timur pada ruas Tol Jakarta – Merak, Fasilitas pabrik di PT Astra Daihatsu Motor dan PT Astra Honda Motor,” papar Maria dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (29/10/2022).

Dikatakan, pihaknya terus aktif mengikuti tender-tender yang ada dan mengambil momentum ini sebagai waktu yang tepat untuk ACST dapat fokus dalam melakukan proses perbaikan internal yang kontinu, khususnya dalam aspek operational excellence.

Sebagai catatan, perolehan pendapatan hingga kuartal ketiga tahun 2022 dikontribusikan oleh sektor infrastruktur sebesar 39%, disusul oleh sektor struktur sebesar 36%, dan sektor fondasi sebesar 25%.

“ACST secara proaktif mengambil langkah strategis sebagai bentuk mitigasi terhadap dampak berkepanjangan yang mungkin timbul dengan adanya issue kenaikan harga bahan baku konstruksi,” tuturnya.

Adapun beberapa langkah yang ditempuh diantaranya, melakukan efisiensi biaya operasional melalui inovasi dan sejumlah inisiatif pendukung, pengawasan proyek dengan lebih ketat, serta mengkaji proses bisnis secara intensif agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan biaya efisien bagi pelanggan.

“Kami percaya telah mengambil langkah yang tepat dalam rangka meningkatkan kinerja secara berkelanjutan, menyeluruh dan tetap optimis akan seluruh peluang yang ada di waktu yang akan datang,” pungkasnya.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor