Kuasai 54,94% saham BBCA, Robert Budi & Michael Bambang raup dividen Rp 7,2 triliun

13 April 2020 | Sumber: kontan

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Kamis 9 April 2020 lalu, menyetujui pembagian dividen tunai sebesar 47,9% dari laba bersih tahun buku 2019. Nilai ini setara  Rp 28,6 triliun.

 Dengan total saham  BBCA yang  mencapai 24,7 miliar, nilai dividen per saham bank milik grup Djarum ini setara Rp 555 per unit saham.

Lantas berapa sih dividen yang diterima oleh para pemegang saham mayoritas BBCA?

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI),  pemegang saham BBCA adalah  PT Dwimuria Investama Andalan. Perusahaan ini kini menguasai 54,94% saham BBCA dengan jumlah saham sekitar 13,546 miliar.  Sedangkan masyarakat menguasai 45,06% saham BBCA.       

Lebih dalam, jika menelisik pemilik saham PT Dwimuria Investama Andalan adalah dua kakak beradik pemilik Group Djarum. Perinciannya: Robert Budi Hartono tercatat memiliki saham di Dwimuria Investasma Andalan sebesar 51%. Sisa saham Dwimuria dimiliki oleh adiknya yakni Michael Bambang Hartono dengan kepemilikan saham sebesar 49%.

Lewat Dwimuria, dengan kepemilikan saham BBCA sebesar 54,94% atau setara 13,546 miliar saham, duo kakak beradik Bambang dan Budi Hartono ini akan segera meraup dividen sekitar  Rp 7,518 triliun.

Perinciannya, berdasarkan kepemilikan saham di Dwimuria, Robert Budi Hartono akan mendapatkan dividen sebanyak Rp 3,834 triliun. Sedangkan Bambang Hartono akan mendapatkan dividen BBCA sebanyak Rp 3,683 triliun.

Tak hanya duo kakak beradik itu saja yang akan meraup dividen jumbo dari saham BBCA. lo. 

Ada juga  Anthony Salim yang nampaknya juga akan mendapatkan dividen lumayan nampol. Putra mendiang Sudono Salim alias Om Lie ini juga akan meraup dividen sebanyak Rp 240,87 miliar.

Oh iya, selain kepemilikan pribadi sebanyak 94 juta saham BBCA, Antony Salim juga mengempit saham BBCA lewat Julius Baer Co Ltd Singapore.

Julius Baer, Bank asal Singapura ini memiliki 1,38% saham BBCA atau sebanyak 340 juta saham. Julius Baer akan mendapat sekitar Rp 188,7 miliar dari dividen BBCA. Sedangkan Antony atas nama pribadi akan mendapat dividen Rp 52,17 miliar.

Dengan begitu, total jenderal dividen yang diterima Anthony baik dari Julias Baer dan pribadinya sekitar Rp 240,87 miliar.

Nampol banget, kan?