Laba Bersih CIMB Niaga (BNGA) di Kuartal III Mencapai Rp 3,84 Triliun

27 Oktober 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - PT Bank CIMB Niaga Tbk secara konsolidasi membukukan laba bersih sebesar Rp 3,84 triliun pada kuartal III-2022. Pencapaian tersebut meningkat 18,5% dibandingkan dengan periode kuartal III-2021.

"Kenaikan income lebih tinggi dari biaya, CKPN juga turun dari tahun lalu. Kalau lihat PBT (profit before tax) tumbuh tinggi 22,5% mencapai Rp 5 triliun. Kalau net profit tumbuh 18,5% menjadi Rp 3,84 triliun," ujar Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Lani Darmawan dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Pertumbuhan laba terutama dikarenakan adanya peningkatan pendapatan seiring dengan pertumbuhan bisnis yang baik, biaya yang terkendali, dan tren kualitas underlying asset yang lebih baik. Hasil ini mendorong perseroan untuk terus memberikan nilai tambah kepada para shareholders.

"Kami akan senantiasa menjaga hasil kinerja yang positif hingga akhir tahun 2022 terutama pada pertumbuhan di segmen-segmen utama bank yaitu pada kredit pemilikan mobil (KPM), kredit pemilikan rumah (KPR), emerging business banking (EBB)/UMKM, dan korporasi," sambung Lani.

Hasil positif yang dicapai tersebut juga terlihat pada modal dan likuiditas bank yang kuat. Implementasi strategi bisnis yang kami jalankan telah memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan target finansial yang akan dicapai di tahun ini. Capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) CIMB Niaga masing-masing sebesar 21,0% dan 86,9%.

Sebagai salah satu bank terdepan yang aktif mengimplementasikan sustainability di Indonesia, pada 21 September 2022 CIMB Niaga menyelenggarakan The Cooler Earth Sustainability Summit di Jakarta, sebagai rangkaian dari The Cooler Earth Sustainability Summit yang diinisiasi oleh CIMB Group di Malaysia.

Acara tahun ini yang bertema ‘Facilitating a Just Transition’ bertujuan mempertemukan para pakar dan pemangku kepentingan dari berbagai industri untuk mendiskusikan kontribusi bersama guna menciptakan masa depan berkelanjutan, memastikan solusi iklim, serta pembuatan cetak biru pembangunan sosial yang inklusif, adil, dan merata.

Sustainability menjadi bagian dari prioritas CIMB Niaga dalam menjalankan usaha, dengan melakukan sinergi antara aspek ekonomi, lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola ke dalam proses dan usaha perbankan. Ini merupakan bukti komitmen untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang,” kata Lani.

Selain The Cooler Earth, CIMB Niaga telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung penerapan Sustainable Development Goals (SDGs). Termasuk di antaranya inisiatif waste management serta menawarkan berbagai produk/program pembiayaan berkelanjutan, seperti Green Mortgage, Sustainable Linked-Loan/Financing, Sustainable Financing Program, pembiayaan motor listrik melalui Motor X-TRA, dan Solar Panel Program.

Editor : Nida Sahara (niidassahara@gmail.com )

Sumber : Investor Daily