Luncurkan Buku Panduan Strategi ESG, GRP Pimpin Industri Baja Asia Tenggara

13 Oktober 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, Investor.id - PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP/GGRP) meluncurkan Buku Panduan Strategi Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola ESG (environmental, social, and governance). Peluncuran buku yang dilakukan Kamis (13/10/2022) ini juga disertai pembentukan departemen keberlanjutan GRP.

Peluncuran buku ini menjadikan GRP sebagai perusahaan baja terdepan di Asia Tenggara yang terus fokus pada ESG di setiap lini bisnisnya.

General Manager Perencanaan dan Keberlanjutan Perusahaan GRP Sheren Omega menjelaskan, peluncuran buku tersebut bertujuan mengatasi permasalahan perubahan iklim dan isu-isu sosial. Contohnya, kesetaraan dan hak asasi manusia. Selain itu, upaya tersebut sejalan dengan visi industri menuju keberlanjutan dan mendukung pemerintah Indonesia untuk mencapai emisi nol karbon selambat-lambatnya pada 2060.

“Buku panduan ini sejalan dengan tekad GRP untuk mengubah pendekatan tradisional dalam industri yang menyumbang 8% dari emisi global. Untuk itu, kami bekerja sama dengan pakar industri untuk menilai lanskap baja di wilayah  ini. Kami yakin dengan Buku Panduan Strategi ESG, kami diarahkan untuk mencapai produksi baja yang lebih berkelanjutan,” kata Sheren Omega dalam siaran pers.

Sheren menerangkan, Buku Panduan Strategi ESG menguraikan langkah-langkah kunci yang akan diambil perusahaan guna menuju produksi baja berkelanjutan. Hal ini didasarkan pada upaya yang sudah dilakukan GRP, seperti membuat produk yang telah disertifikasi oleh standar global dan pembelian kredit karbon.

Saat ini, lanjut dia, GRP bahkan tercatat sebagai salah satu produsen baja pertama di Asia Tenggara yang telah melakukan pembelian kredit karbon. “Buku Panduan Strategi ESG juga untuk memandu departemen keberlanjutan dalam melaksanakan tujuan dan visi misi perusahaan,” ujar Sheren.

Hingga saat ini, lanjut dia, GRP telah membangun tujuan ESG pada lima pilar, yakni pengadaan yang bertanggung jawab, kepatuhan lingkungan dan social, transisi energi dan solusi rendah karbon,  berkontribusi pada pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab, dan memelihara bakat.

Pembangunan pada lima pilar tersebut, kata dia, menyelaraskan dengan standar internasional seperti Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), Global Reporting Initiative (GRI), dan ResponsibleSteel Principles.

“Kelima pilar ini fokus pada upaya mendorong dan memberikan panduan tentang tindakan dalam memproduksi baja. Hal ini juga bertujuan memitigasi dampak yang berasal dari perkembangan industri baja, seperti kekurangan bahan baku dan masalah rantai pasokan,” jelas Sheren.

Sementara itu, Presiden Direktur GRP Abednedju Giovano Warani Sangkaeng menambahkan, GRP memiliki misi untuk dekarbonisasi produksi baja dan mengurangi emisi gas rumah kaca di kawasan Asia Tenggara. Untuk itu, seiring meningkatnya permintaan baja, pihaknya bertanggung jawab memproduksi baja dengan cara yang meminimalkan kerusakan lingkungan.

Upaya ini, kata dia, sangat penting, mengingat baja menjadi komponen utama dalam ekspor Indonesia. “Untuk itu, kami harus memastikan, produksi baja berkelanjutan menjadi hal utama bagi semua produsen baja. Kami berharap Buku Panduan Strategi ESG dapat membuka jalan ke depan untuk praktik terbaik dalam manufaktur baja,” ujar pria yang akrab dipanggil Argo.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily