Makmur Berkah Amanda (AMAN) menganggarkan capex Rp 90 miliar di 2021

21 Mei 2021 | Sumber: kontan

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Makmur Berkah Amanda Tbk (AMAN) menganggarkan belanja modal atawa capital expenditure (capex) Rp 90 miliar. Anggaran tersebut untuk mendukung pengembangan proyek Halal Industrial Park Sidoarjo (HIPS).

Direktur Utama AMAN, Adi Saputra Tedja Surya menuturkan tahun ini belum akan melakukan ekspansi pada sektor perhotelan. "Efisiensi dalam bisnis hotel sementara akan tetap kami lakukan sejalan dengan masih adanya pandemi Covid-19 dan belum dibukanya wilayah Bali untuk turis asing," ujar Adi kepada kontan.co.id, Jumat (21/5).

Kendati begitu, Makmur Berkah Amanda akan melanjutkan pengembangan pada kawasan industrinya. Adi menyebut AMAN sedang meluncurkan proyek HIPS. Pihaknya menilai, HIPS akan menjadi kawasan industri halal pertama di Indonesia.

"Pada tahap awal ini kami akan fokuskan untuk men-support program pemerintah untuk menargetkan IKM supaya mereka bisa naik kelas. Kami juga fokus untuk mengembangkan portofolio sewa kami," terang dia.

Lebih rinci, Adi menjelaskan untuk proyek HIPS akan dibangun di atas lahan seluas 148 ha yang akan dibangun dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama ini, Makmur Berkah Amanda akan membangun gudang sebanyak 118 unit di atas lahan seluas 15 ha beserta infrastruktur penunjang lainnya.

Untuk memuluskan rencana, AMAN menggelontorkan capex sebesar Rp 90 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pembebasan lahan HIPS, pembangunan gudang logistik untuk disewakan, pembebasan lahan dan perluasan kawasan Safe N Lock. "Sejauh ini capex yang sudah terserap sebesar Rp 18 miliar," ujar dia.

Dengan rencana tersebut, AMAN menargetkan pendapatan mampu tumbuh 10% atau mencapai Rp 99 miliar dan pertumbuhan profit sebesar 15,37% di 2021. Untuk mengejar target tersebut, AMAN juga akan terus memasarkan penyewaan gudangnya. Adi menyebut saat ini untuk tipe standard loading dock tersedia 7.300 meter persegi dan untuk tipe flat floor tersedia 7.000 meter persegi.

Selain itu, AMAN juga akan bekerja sama dengan Markplus untuk branding HIPS sebagai kawasan industri halal pertama di Indonesia dan memberikan porsi yang cukup besar terhadap UMKM/ IMKM masuk ke dalam kawasan Industri tersebut. Lalu, juga dengan perbankan untuk pembiayaan calon tenant, serta melakukan roadshow & pemasaran dari pintu ke pintu baik investor asing maupun investor domestik.