Map Aktif Adiperkasa (MAPA) siapkan dana Rp 10,01 miliar untuk buyback saham

18 Maret 2020 | Sumber: kontan

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPI) akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebanyak-banyaknya 2,5 juta  saham. MAPA akan melakukan buyback dalam periode 19 Maret 2020 hingga 19 Juni 2020.

Untuk melancarkan rencananya, perusahaan yang memiliki jaringan ritel multi-brand eksekutif itu menganggarkan dana sebanyak-banyaknya Rp 10,01 miliar. Adapun harga maksimum yang dipatok MAPA untuk buyback per saham sebesar Rp 4.000.

"Dana pembelian kembali saham MAPA berasal dari kas internal perseroan," kata manajemen MAPA seperi yang tertulis dalam keterbukaan informasi yang disampaikan, Rabu (18/3).

Lebih lanjut dijelaskan, aksi buyback tidak akan berdampak negatif yang signifikan terhadap kegiatan usaha dan prospek usaha MAPA. Mengingat, MAPA memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk membiayai transaksi buyback. Buyback juga tidak berdampak pada menurunnya pendapatan, sehingga performa labanya pun tidak terpengaruh.

Adapun buyback ini diharapkan dapat memberi fleksibilitas untuk mencapai struktur permodalan MAPA yang lebih efisien. Selain itu, buyback diharapkan dapat membentuk harga saham yang lebih mencerminkan kinerja MAPA yang sebenarnya.

Asal tahu saja, pada penutupan perdagangan Rabu (18/3), saham MAPA berada pada harga Rp 3.210. Sejak awal tahun hingga hari ini sahamnya sudah terkoreksi 39,43%.