Mau Bangun 830 Menara Baru, Inti Bangun Sejahtera (IBST) Siapkan Capex Rp 2 Triliun

27 Juli 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten menara telekomunikasi, PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST) akan melakukan ekspansi dengan membangun sekitar menara 830 baru dan menambah 3.950 km jaringan fiber optic

Chief Operations Officer Inti Bangun Sejahtera, VH. Sutanto menjelaskan hingga semester satu ini IBST baru membangun 160 menara dari target 830. Meski belum mencapainya separuhnya, IBST optimistis target itu dapat tercapai.

Dia di semester satu lalu beberapa operator masih dalam proses konsolidasi, seperti Indosat dan Tri sehingga IBST mengharapkan akan ada banyak pesanan menara yang masuk pada semester kedua ini.

"Karena di semester satu ini banyak terjadi konsolidasi di operator, tapi kami masih yakin sekali bahwa target akhir tahun ini masih kita capai terutama di semester kedua 2022," kata dia dalam paparan publik secara virtual, Rabu (27/7). 

Tak hanya itu, IBST juga turut mengambil peran dalam pembangunan jaringan fiber optic. Adapun pada akhir 2021, jaringan fiber optic IBST mencapai 16.256 km. 

Pada tahun ini, Inti Bangun Sejahtera berencana penambahan jaringan fiber optic ditargetkan mencapai sekitar 3.950 km, sehingga pada akhir tahun 2021 bisa mencapai sekitar 20.206 km. 

Dalam kesempatan yang sama, Chief Financial Officer IBST Jozef Ignasius Munaba menyampaikan untuk tahun ini Inti Bangun Sejahtera menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 2 triliun.

Dia menjelaskan capex itu akan digunakan untuk pembangunan menara dan pemeliharaan fiber optic serta menara. Hingga semester pertama 2022, capex yang sudah terserap di kisaran Rp 1,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News