Melantai di bursa, saham Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) melesat 24,67%

7 September 2020 | Sumber: kontan

Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (7/9). Perdana tercatat di bursa, emiten dengan kode KMDS itu mengalami kenaikan harga saham hingga 24,67% menjadi Rp 374 dari sebelumnya Rp 300.

Dengan demikian, saham KMDS otomatis kena auto rejection atas (ARA). Menurut catatan BEI, saham dengan harga acuan Rp 200 hingga Rp 5.000 akan terkena ARA jika kenaikan harganya mencapai 25%.

Saat perdana diperdagangkan, emiten ke-39 yang tercatat di bursa sepanjang tahun 2020 itu mencatatkan volume perdagangan hingga 10.000 unit saham, dengan nilai perdagangan mencapai Rp 3,74 juta. Adapun sahamnya diperdagangkan sebanyak dua kali.

Emiten yang bergerak di bidang food service itu melepas 160 juta unit saham baru atau setara 20% dari seluruh total modal disetor penuh setelah penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Saham itu ditawarkan dengan harga Rp 300, sehingga dana segar yang dikantongi KMDS mencapai Rp 48 miliar.

Rencananya, dana dari IPO akan digunakan untuk modal kerja seperti pembelian barang dagangan, baik makanan ataupun minuman, dengan pihak afiliasi maupun dengan pihak tidak terafiliasi. Selain itu, dana juga akan digunakan untuk memperluas jaringan pemasaran dengan pendistribusian dan promosi-promosi ke berbagai daerah.

"Ke depannya, kami akan berupaya memperluas pasar dengan melakukan penambahan panel produk prinsispal, maupun pelanggan kota besar di Indonesia," jelas Direktur Utama PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk Henky Wijaya dalam seremoni virtual pencatatan perdana saham, Senin (7/9). Adapun untuk saat ini jaringan distribusi KMDS sudah berada di 20 kota besar di Indonesia.

Bersamaan dengan proses IPO, KMDS mengadakan program Employee Stock Allocation (ESA) dengan mengalokasikan saham sebanyak Rp 3,2 juta lembar atau setara 2% dari jumlah saham yang ditawarkan.

Adapun KMDS menggandeng PT Victoria Sekuritas Indonesia dalam menggelar IPO. Dalam prosesnya, saham KMDS mengalami oversubsribed sebanyak 1,26 kali dari total penawaran atau setara  26,70 kali dari porsi pooling.