Menilik ekspansi Fast Food (FAST), pemilik KFC yang akan membuka Taco Bell

17 Februari 2020 | Sumber: kontan

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Fastfood Indonesia Tbk (FAST) terus melakukan ekspansi tahun ini. Emiten pengelola restoran cepat saji KFC ini akan menambah sekitar 25 sampai 30 gerai restoran KFC, termasuk gerai KFC BOX terbaru di kawasan Jabodetabek.

FAST juga akan merenovasi gerai yang telah berusia di atas 5 tahun. Jika ditotal, ada lebih dari 100 gerai yang direnovasi tahun ini.

Selain itu, FAST juga bakal menghadirkan restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS), Taco Bell, untuk ekspansi ke Indonesia mulai April 2020. Tahap awal, FAST akan membuka lima gerai Taco Bell di Jakarta.

Dana untuk ekspansi tersebut berasal dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex). Tahun ini, FAST mengalokasikan capex hingga 550 miliar. Capex tersebut bakal berasal dari kas internal serta hasil dari penerbitan saham dengan skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Tahun ini, FAST memproyeksikan penjualan Rp 8 triliun dengan pertumbuhan sebesar 14,1% dibandingkan estimasi penjalan tahun 2019.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menilai, FAST masih memiliki prospek yang cerah. Selain memiliki fundamental yang baik, produk yang dijual FAST juga dinilai memiliki tren yang bagus ke depan.

Senada, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai FAST masih memiliki prospek yang baik. Apalagi gerai FAST  hampir dapat dijumpai di seluruh pusat kota.

Nico melihat, potensi FAST untuk mengembangkan pasarnya ke luar Pulau Jawa masih sangat terbuka lebar. Namun, penyesuaian harga dinilai dapat menjadi kendala utama.

"Apalagi di luar Jawa, masih ada potensi yang sangat baik untuk dicoba. Asalkan secara harga dan strategi dari FAST tepat, sehingga produk tersebut dapat diterima di daerah. Karena pasalnya, kalau di luar daerah, harga merupakan salah satu kendala utama," terang Nico kepada Kontan.co.id, Senin (17/2).

Selain itu, keunggulan produk FAST lainnya adalah varian harga dan produknya yang dapat diterima oleh semua kalangan.