Millenium Pharmacon (SDPC) Berikhtiar Pertahankan Kinerja Positif Sampai Akhir Tahun

8 September 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten distributor produk farmasi, PT Millenium Pharmacon Tbk (SDPC) berupaya mempertahankan kinerja positifnya sampai akhir tahun nanti.

Ketika di semester I-2022 lalu, penjualan neto SDPC tumbuh 8,45% year on year (yoy) menjadi Rp 1,54 triliun. Mayoritas penjualan neto SDPC di paruh pertama 2022 berasal dari segmen obat resep sebesar Rp 1,11 triliun, kemudian diikuti oleh segmen alat kesehatan sebesar Rp 326,93 miliar, dan obat non resep sebesar Rp 103,08 miliar.

Adapun laba bersih SDPC melonjak 320,24% (yoy) menjadi Rp 13,91 miliar di semester pertama silam.

Direktur Utama Millenium Pharmacon Ahmad Bin Abu Bakar mengatakan, kenaikan signifikan laba bersih SDPC dipicu oleh permintaan yang tinggi terhadap produk perusahaan yang dibantu pula oleh kenaikan harga jual produk dari beberapa prinsipal emiten tersebut.

Manajemen SDPC pun memperkirakan penjualan neto sampai akhir tahun nanti dapat tetap tumbuh di kisaran satu digit. Perusahaan ini juga meyakini bahwa kenaikan signifikan laba bersih di semester pertama dapat berlanjut pada semester kedua.

Oleh karena itu, selain fokus mendorong penjualan, SDPC juga berupaya mengendalikan kas operasi agar menjadi lebih efisien sekaligus menjaga biaya keuangan dan biaya bunga bank tetap rendah.

Memang, adanya kenaikan harga BBM subsidi dan nonsubsidi diakui akan berdampak signifikan pada pos biaya distribusi dan logistik SDPC, sehingga dibutuhkan upaya antisipasi yang tepat.

“Kami sedang dan akan terus memastikan efisiensi operasi berlanjut, konsisten menekan pengeluaran operasional, serta menghindari pengeluaran yang mubazir,” ungkap dia, Kamis (8/9).

Ia menambahkan, harga jual produk obat dan alat kesehatan di level konsumen akhir dalam waktu tertentu bisa diberlakukan penyesuaian, apalagi harga BBM sudah resmi naik. Namun, keputusan akhir terkait kepastian penyesuaian harga jual produk tersebut diserahkan oleh para prinsipal yang bekerja sama dengan SDPC.

Lebih lanjut, sampai saat ini Manajemen SDPC masih melakukan proses pencarian prinsipal baru. Ada beberapa calon prinsipal baru dari dalam maupun luar negeri yang sedang didekati oleh SDPC. Proses diskusi pun tengah berlangsung, hanya saja pihak SDPC belum memfinalisasikan rencana kerja samanya.

“Untuk saat ini, kami masih mengandalkan prinsipal eksisting untuk mencapai target kinerja di tahun 2022,” pungkas Ahmad.

Dalam catatan Kontan, saat ini SDPC memiliki 33 prinsipal yang memasok produk-produk farmasi dan alat-alat kesehatan untuk didistribusikan oleh perusahaan tersebut. Beberapa di antaranya adalah Lapi Laboratories Indonesia, Global Dispomedika, Guardian Laboratories, Dipa Healthcare, Pharos Indonesia, Apex Pharma Indonesia, Meprofarm, dan lain sebagainya.