Nusantara Infrastructure (META) tambah setoran modal anak usaha tol Makassar

24 Agustus 2020 | Sumber: kontan

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) tahun ini tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham. META juga telah mendapat persetujuan untuk melakukan rencana penggunaan hasil Penawaran Umum Terbatas II (PUT II).

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) META, Rabu lalu (19/8), menyetujui penggunaan laba Rp 1,44 miliar sebagai cadangan wajib. Sisa laba disisihkan sebagai cadangan lain yang dapat digunakan untuk kebutuhan termasuk pengembangan usaha, modal kerja, sosial dan pembagian dividen di masa depan.

Selain itu, para pemegang saham juga menyetujui perubahan penggunaan dana hasil PUT II. Adapun dana yang diperoleh dari hasil PUT II adalah sebesar Rp 495,01 miliar. Sementara biaya emisi sebesar Rp 8,79 miliar.

Semula sebesar Rp 292,94 miliar digunakan oleh META sebagai setoran modal ke anak usahanya yaitu PT Margautama Nusantara. Dana tersebut nantinya akan digunakan oleh Margautama Nusantara sebagai setoran modal ke dalam entitas anaknya PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) untuk pendanaan pelaksanaan proyek jalan tol di Makassar.

Sebesar Rp 63,49 miliar digunakan untuk modal kerja META dan atau entitas anak dalam rangka pengembangan usaha yang meliputi biaya pelaksanaan basic design dan studi kelayakan. Sisanya sebesar Rp 129,78 miliar disimpan dalam bentuk deposito dan current account pada beberapa bank lokal.

Lalu dari alokasi awal diubah menjadi sebesar 87% atau setara Rp 430,66 miliar akan digunakan oleh BMN sebagai pendanaan untuk pelaksanaan proyek jalan tol di Makassar.

"Sisanya sekitar 13% akan digunakan untuk modal kerja META dan entitas anak dalam rangka pengembangan usaha yang termasuk tapi tidak terbatas biaya pelaksanaan basic design, studi kelayakan dan biaya uji tuntas," tulis General Manager Corporate Affairs Deden Rochmawaty melalui keterangan resmi kepada Kontan, Minggu (23/8).