Perdana Melantai di Bursa, Saham Black Diamond (COAL) Langsung Terbang 35%

7 September 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - PT Black Diamond Resources Tbk (COAL) mencatatkan (listing) perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (7/9/2022).

Pada perdagangan sesi I perdananya di pasar sekunder, COAL langsung membentur batas auto reject atas (ARA) dengan terbang 35% ke Rp 135. Dalam 10 menit awal sesi I, kondisi tersebut tak mengalami perubahan.

Sebelumnya, perseroan melepas saham ke publik melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 1,25 miliar saham atau 20% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Harga saham perdana yang ditawarkan adalah sebesar Rp 100 per saham sehingga perseroan memperoleh dana hasil IPO sebesar Rp 125 miliar.

Seluruh dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan perseroan sekitar Rp 40 miliar untuk disalurkan kepada Entitas Anak yaitu PT Dayak Membangun Pratama (DMP) yang akan digunakan untuk keperluan belanja modal DMP. Sisanya, akan disalurkan kepada DMP dan digunakan untuk modal kerja oleh DMP.

Selama masa penawaran umum yang berlangsung dari tanggal 1, 2, dan 5 September 2022, COAL mencatatkan telah mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 23,58 kali atas saham yang ditawarkan, yang mana penyebaran pembeli saham tersebar pada 35 provinsi di seluruh Indonesia dan 16 negara di dunia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)