Perkuat ESG, DOID Gandeng Torajamelo

1 April 2023 | Sumber: investor.id

JAKARTA, Investor.id – Demi mendorong pertumbuhan usaha di bidang lingkungan dan kewirausahaan sosial, PT Delta Dunia Makmur Tbk lewat anak usahanya PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) meneken kerja sama dengan Torajamelo. BIRU adalah anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk yang fokus pada aspek sosial dengan mempromosikan pendidikan, pelatihan vokasional, pengelolaan limbah, dan daur ulang. Sementara Torajamelo adalah sebuah bisnis penyedia berbagai kebutuhan gaya hidup, pemenang sertifikasi B Corp yang mengedepankan keberlanjutan lingkungan dan mendukung pemberdayaan masyarakat adat, khususnya perempuan, sekaligus penggagas Ahana.

Melalui kerja sama ini, BIRU melakukan investasi berdampak positif dengan berkomitmen untuk memberikan dana dalam bentuk utang yang dapat dikonversi menjadi saham (convertible debt) senilai Rp7,5 miliar yang akan dimanfaatkan untuk ekspansi bisnis, meningkatkan dampak sosial dan biaya operasional Ahana.

Ahana berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti cahaya yang tidak pernah padam. Ahana merupakan platform penyedia merek lokal yang dikurasi dengan mengedepankan keberlanjutan lingkungan oleh Torajamelo. Dalam perjalanannya Torajamelo telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk menghadirkan cinderamata lokal berkualitas yang mengedepankan dampak positif bagi lingkungan.

Kehadiran Ahana diharapkan dapat memperluas kolaborasi dengan pihak yang memiliki kesamaan visi terhadap pengembangan produk-produk tradisional yang berkualitas dan mendukung prinsip kelestarian lingkungan hasil buatan wirausaha perempuan Indonesia untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas. Ahana juga berencana meluncurkan re:mello yang merupakan inisiatif untuk membantu perusahaan dalam memajukan agenda sirkular.

Direktur Utama PT Delta Dunia Makmur Tbk, Ronald Sutardja mengungkapkan rasa antusiasnya terhadap kerja sama antara BIRU dan Torajamelo. Menurutnya komitmen terhadap prinsip ESG telah menjadi bagian tidak terpisahkan sejak perusahaan berdiri dan komitmen dipastikan dijalankan di seluruh anak usaha DOID, terutama BIRU, yang berfokus pada bidang lingkungan dan kewirausahaan sosial.

“Dukungan yang kami berikan kepada Torajamelo merupakan wujud nyata komitmen kami terhadap akselerasi ESG baik dari sisi lingkungan berkelanjutan serta dampak sosial termasuk mendukung pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama di daerah-daerah di mana pengembangan kapasitas dan akses ke pasar masih terbatas. Kami berharap bantuan yang kami berikan bukan saja mendukung pengembangan wirausaha perempuan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarga, namun juga mendukung kelestarian lingkungan. Dengan demikian, kami dapat meningkatkan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan komunitas,” kata Ronald dalam siaran pers yang diterima Sabtu (1/4/2023).

DOID sebelumnya telah mendukung pemberdayaan komunitas perempuan melalui Wifepreneur yang dibina oleh anak usahanya, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA). Program Wifepreneur memberikan kesempatan kepada para istri karyawan dan karyawan perempuan BUMA untuk mengembangkan kompetensi yang diperlukan untuk menjadi wirausaha yang berdaya saing. Hingga tahun 2022, 157 perempuan telah berpartisipasi dalam program ini dan menghasilkan 126 merek, termasuk produk makanan dan minuman, fesyen, jasa, dan cinderamata.

Lebih lanjut, melalui BUMA, DOID juga memiliki inisiatif Pemberdayaan Bisnis Berbasis Komunitas. Inisiasi ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi komunitas perempuan telah menghasilkan sejumlah brand seperti Eco Sae Migunani (bisnis daur ulang), Putri Maluang Batik (pengrajin batik), dan Asosiasi Perempuan Desa Inaran, yang berkomitmen untuk mendukung wirausahawan perempuan di Desa Inaran.

Kerja sama dengan Torajamelo juga akan berkontribusi positif bagi istri karyawan dan karyawan perempuan yang tergabung dalam program Wifepreneur BUMA, di mana peserta yang terpilih dan ditunjuk oleh Torajamelo akan mendapatkan pengembangan dan pelatihan wirausaha untuk meningkatkan daya saing usaha mereka.

Dinny Jusuf, Direktur Torajamelo memberikan apresiasinya terhadap kerja sama ini. “Kehadiran Ahana diharapkan akan menyediakan akses pasar yang lebih luas bagi wirausaha perempuan sekaligus memajukan komunitas pengusaha perempuan untuk menghasilkan produk yang bernilai sosial tinggi dan ramah lingkungan sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi pengrajin sekaligus wirausaha perempuan (artisan),” ujarnya.

“Kami berharap kerja sama Delta Dunia melalui BIRU dengan Torajamelo dapat mengakselerasi skala investasi berdampak positif sekaligus mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sirkular dan meningkatkan pemberdayaan perempuan lokal di Indonesia. Dengan meningkatnya daya saing produk hasil karya wirausaha perempuan Indonesia, produk bernilai budaya semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia dan dikenal kancah internasional sehingga dapat menjadi sarana untuk mengenalkan warisan budaya Indonesia ke khalayak luas, termasuk pasar global,” tutup Ronald.

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS