Putri Taipan Hermanto Tanoko Umumkan Target CLEO

6 Februari 2023 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - Emiten konglomerat Hermanto Tanoko, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menargetkan penggunaan plastik daur ulang (recycled plastic/r-PET) untuk botol kemasan air minum produk perseroan akan mencapai 20% tahun ini.

Melalui perusahaan terafiliasi PT Sukses Okindo Kurnia Abadi (SOKA), CLEO telah memiliki pabrik daur ulang plastik botol kemasan air minum sejak 2013.

“CLEO memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap lingkungan hidup secara berkelanjutan, sehingga kami telah menggunakan r-PET yang ramah lingkungan sejak 10 tahun lalu,” terang Wakil Direktur Utama CLEO Melisa Patricia, Rabu (6/2/2023).

Melisa, yang juga putri kedua Hermanto Tanoko, mengatakan penggunaan r-PET untuk plastik botol kemasan produk perseroan terus meningkat tiap tahun dan mencapai 17% pada akhir 2022. Menurutnya, semakin tinggi penggunaan plastik daur ulang maka semakin berkurang penggunaan plastik dan lebih ramah lingkungan.

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menargetkan penggunaan plastik daur ulang (recycled plastic/r-PET) untuk botol kemasan air minum produk perseroan akan mencapai 20% tahun ini. (Ilustrasi/Ist)

“Karena kami sadar, bisnis juga hanya akan bisa berjalan berkesinambungan kalau didukung oleh lingkungan hidup yang lestari berkesinambungan,” sambung Melisa.

Manajemen mengungkapkan, kemasan berbahan plastik daur ulang CLEO dibuat tanpa menggunakan bahan kimia tambahan, serta hemat energi dan rendah emisi emisi CO2 dalam produksinya.

Melisa mengeklaim, penggunaan r-PET ECOPET dari SOKA oleh perseroan, memberikan jaminan keberlanjutan. Hal ini juga mengurangi dampak pencemaran lingkungan serta penyediaan pangan yang sehat secara berkelanjutan. Jaminan tersebut bisa diperoleh karena ECOPET diproses secara tara pangan dan tersertifikasi.

CLEO Peduli

Menjelang perayaan ulang tahun ke-20, CLEO melanjutkan misi meningkatkan kualitas lingkungan dan mendukung kesehatan masyarakat Indonesia melalui program #LangkahMurni. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan kemasan produk bebas BPA. Sebab, BPA merupakan zat kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan, hormon, sistem reproduksi, termasuk menjadi pemicu resiko kanker pada manusia.

Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap penderita kanker di Indonesia, CLEO merilis kemasan edisi khusus CLEO Untuk Indonesia sejak November 2022. Sebagian dari hasil penjualan edisi khusus ini, yakni CLEO Classic ukuran 550 ml dengan tambahan ornamen pita, akan disumbangkan ke beberapa Yayasan Kanker di Indonesia. Dengan demikian, CLEO juga memberi kesempatan kepada konsumen untuk memberikan donasi dengan membeli edisi khusus tersebut.

“Melalui campaign #LangkahMurni yang dijalankan Cleo, kami ingin hadir dengan mendukung program Yayasan Lovepink Indonesia dalam misi mewujudkan 10.000 USG gratis dalam upaya deteksi kanker payudara sejak dini,” ujar Melisa Patricia saat penyerahan donasi kepada Yayasan Lovepink Indonesia pada Hari Kanker Sedunia, 4 Februari 2023.

Sebelumnya emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Tanobel Group itu juga bekerja sama dengan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia. Dengan tujuan memberi donasi kepada anak penderita kanker pada 25 November 2022 di Rumah Singgah Pita Kuning Yogyakarta.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily