Ramayana (RALS) siapkan dana hingga Rp 350 miliar untuk buyback

8 Maret 2021 | Sumber: kontan

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ritel PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Emiten dengan kode saham RALS itu akan menyerap kembali sebanyak-banyaknya 5% dari modal disetor atau maksimum 354,8 juta saham. 

"Biaya yang akan dikeluarkan atas rencana adalah sebanyak-banyaknya sekitar Rp 350 miliar termasuk biaya perantara pedagang efek dan biaya lainnya sehubungan dengan pembelian kembali saham," jelas Direksi RALS dalam keterbukaan informasi, Senin (8/3). 

Untuk melancarkan aksi buyback itu, RALS akan meminta persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar 14 April 2021. Adapun pelaksanaan buyback akan dilakukan paling lama 18 bulan terhitung sejak tanggal persetujuan RUPSLB. 

Lebih lanjut Direksi RALS menjelaskan, melalui aksi buyback ini perusahaan ingin meningkatkan nilai pemegang saham dengan mengembalikan kelebihan arus kas kepada para pemegang sahamnya. Kendati menanggung kerugian pada tahun buku 2020 akibat pandemi Covid-19, RALS sudah mencetak laba untuk tahun-tahun sebelumnya dan Direksi RALS telah berhasil memelihara kecukupan likuiditas.

"Persetujuan atas rencana akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada Ramayana dalam mengelola modal untuk mencapai struktur permodalan yang lebih efisien," ungkap Ramayana dalam keterbukaan informasi. 

Adapun buyback diyakini tidak akan mempengaruhi pembiayaan kegiatan usaha. Mengingat, RALS mempunyai modal kerja dan arus kas yang cukup serta memadai untuk melaksanakan buyback, termasuk pembiayaan kegiatan usaha. 

Dengan asumsi RALS melakukan pembelian kembali 354,8 juta saham dengan harga Rp 350miliar, maka jumlah aset dan jumlah ekuitasnya masing-masing diproyeksi tergerus Rp 350 miliar menjadi Rp 5,36 triliun dan Rp 3,38 triliun. Sementara rugi bersihnya tidak berubah Rp 132,97 miliar.

Untuk jumlah saham yang beredar menjadi 6,39 miliar dari sebelumnya 6,74 miliar. Adapun return on assets (ROA) akan naik 0,15% menjadi 2,48% dan return on equity (ROE) terkerek 0,37% menjadi 3,94%. 

Sekadar informasi, hingga penutupan perdagangan hari ini Senin (8/3) saham RALS tercatat menguat 6,58% ke Rp 810. Harga itu telah menguat 7,28% selama sepekan dan naik 20% selama sebulan terakhir.