Restrukturisasi bisnis, Mitra Adiperkasa (MAPI) jual saham anak usahanya di Thailand

5 Agustus 2020 | Sumber: kontan

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) dan Athletica International Holdings Pte. Ltd telah menandatangani perjanjian jual beli saham (share sale and purchase agreement) atas saham milik Mitra Adiperkasa dalam MAP Active Adiperkasa Ltd (MAAT) yang berkedudukan di Thailand. 

Transaksi ini merupakan penjualan dan pengalihan saham milik Mitra Adiperkasa dalam MAP Active Adiperkasa Ltd kepada Athletica International Holdings Pte. Ltd. Jumlah saham MAAT yang ditransaksikan sebanyak 999.998 dengan nominal THB 100 per saham. Jumlah tersebut setara 99,99% atas saham Mitra Adiperkasa di MAAT. 

Adapun nilai transaksi penjualan saham tersebut capai sebesar THB 105 juta atau setara Rp 48,94 miliar dengan menggunakan asumsi kurs tengah Bank Indonesua (BI) per 31 Desember 2019 sebesar Rp 466 per baht. 

Asal tahu saja MAPI memang memiliki 99,99% saham pada MAP Active Adiperkasa Ltd (MAAT), 68,84% pada PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA). Kemudian Mitra Adiperkasa melalui MAP Aktif Perkasa memiliki 100% saham Athletica International Holdings Pte. Ltd yang berkedudukan di Singapura. 

Dalam keterbukaan informasi, manajemen MAPI, anggota indeks Kompas100 ini, mengharapkan MAAT dapat berkembang sebagai perusahaan ritel yang menjual produk dengan merek Airwalk, Steve Madden dan Nine West di Thailand. 

"Dengan mengkonsolidasikan kepemilikan saham MAAT di bawah MAPA, restrukturisasi internal bisnis aktif tersebut diharapkan dapat memberikan sinergi usaha antara MAPA beserta entitas anaknya dan MAAT yang memiliki kegiatan usaha sejenis," tulis manajemen seperti dikutip Kontan.co.id, Selasa (4/8). 

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, MAAT akan mengembangkan usaha dengan membuka gerai di Thailand untuk meningkatkan penjualan.