Roda Vivatex (RDTX) dan Duta Pertiwi (DUTI) Tebar Dividen Jumbo, Menarik Dikoleksi?

20 Juni 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Roda Vivatex Tbk (RDTX) dan PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) akan membagikan dividen dengan yield dan nilai yang cukup besar. Namun untuk memanfaatkan pembagian dividen ini, pelaku pasar perlu mencermati beberapa hal.

Adapun RDTX akan membagikan dividen sebesar Rp 465 per saham. Hingga akhir sesi satu perdagangan, Senin (20/6), harga saham RDTX bertengger Rp 8.600 maka yield dividen mencapai 5,40%.

Di sisi lain, DUTI akan menebar dividen senilai Rp 380 per saham. Hingga akhir sesi pertama, DUTI parkir di level Rp 4.980, dengan begitu yield dividen sebesar 7,63%.

Sementara, cum date RDTX jatuh pada hari ini, Senin (20/6). Sedangkan cum dividen DUTI dijadwalkan pada Rabu (22/6).

Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandhu Dewanto mengatakan, sebenarnya kedua saham emiten tersebut kurang menarik. Lantaran saham RDTX dan DUTI tidak likuid, walaupun punya dividend yield yang besar.

"Bahkan bisa saja jadi dividen trap jika timing entry dan exit-nya tidak tepat, apalagi beberapa hari terakhir sudah bergerak naik," katanya saat dihubungi Kontan beberapa waktu lalu.

Sementara, Equity Analyst Kanaka Hita Solvera William Wibowo menilai, aksi korporasi dua emiten ini bukan dividen trap karena memiliki performa yang baik.

 

Sebagai gambaran, RDTX membukukan pendapatan sebesar Rp 113,92 miliar pada kuartal I-2022 dari Rp 90,94 miliar di tahun sebelumnya. Sementara, DUTI mencatatkan pendapatan Rp 605,42 per Maret 2022, naik dari posisi Rp 351,94 yang dicetak pada tiga bulan pertama 2021.

"Justru pembagian dividen ini menunjukkan ke investor bahwa perusahaan sedang dalam kondisi sehat, sehingga perusahaan saat ini cukup menarik untuk dilirik investor," kata William.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News