Saratoga (SRTG) Menyiapkan Belanja Modal US$ 150 Juta untuk 2022

21 April 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar US$ 100 juta hingga US$ 150 juta pada tahun ini.

Direktur Investasi Saratoga Devin Wirawan mengatakan, pihaknya akan menggunakan untuk investasi di beberapa portofolio yang sudah ada dan untuk investasi baru.

Dia melanjutkan, Saratoga akan terus mengoptimalkan setiap peluang investasi di sektor-sektor strategis yang memiliki prospek pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Pada tahun ini, industri teknologi, konsumen, pelayanan kesehatan, dan energi terbarukan merupakan beberapa sektor yang menjadi pilihan investasi Saratoga, mengingat skala ekonominya yang besar sesuai dengan jumlah populasi penduduk Indonesia yang mendekati 300 juta jiwa.

“Dalam setiap investasinya Saratoga akan selalu menjalankan prinsip kehati-hatian dan terukur. Kami percaya dengan pengalaman dan kemampuan SDM Saratoga, kinerja Perseroan akan tetap solid,” ujar Devin dalam paparan publik, Kamis (21/4).

Dengan adanya pandemi Covid-19 Devin melihat transformasi bisnis yang terus bergulir dan mempercepat transformasi digital ekonomi. Oleh karena itu, Saratoga tak mau ketinggalan, perusahaan ini juga menyasar sektor teknologi.

Dia mengaku pihaknya akan terus mengembangkan investasi di sektor teknologi. "Kami mengalokasikan sekitar 30%-40% capex untuk sektor teknologi," tambah dia.

Selanjutnya, Saratoga Investama juga berkomitmen untuk mengembangkan investasi di sektor energi terbarukan, seperti solar panel. Menurut Devin, dengan berinvestasi di sektor energi terbarukan maka akan mempercepat pencapaian target net zero emission.

Pada tahun 2021, emiten ini telah melakukan investasi sebesar Rp 1,32 triliun atau meningkat dari tahun sebelumnya hanya Rp 652 miliar. Selama tahun 2021, sejumlah langkah penting telah dilakukan SRTG dengan melakukan investasi baru di tiga perusahaan startup, yaitu Xurya, SIRCLO dan Fuse, juga investasi di perusahaan media digital dan periklanan yakni City Vision.

Saratoga juga menambah kepemilikan sahamnya hingga akhir Desember 2021 dibandingkan Desember 2020, di PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) dan PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News