Segar Kumala Indonesia (BUAH) Tetapkan Harga IPO di Rp 388 per Saham

2 Agustus 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Calon penghuni baru Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) mematok harga penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) sebesar Rp 338.

Masa penawaran umum perdana saham Segar Kumala Indonesia akan berlangsung pada 2-5 Agustus 2022. Jika tidak ada aral melintang, pencatatan saham BUAH di BEI dilakukan pada 9 Agustus mendatang.

Adapun BUAH akan melepas sebanyak 200 juta saham atau 20% dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor. Dus, perusahaan penyedia buah-buahan impor ini berpotensi meraup dana segar sekitar Rp 77,60 miliar.

Nantinya, sekitar 75% dana yang diperoleh dari IPO ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, bakal digunakan untuk modal kerja. Termasuk untuk membayar utang dagang, pembelian barang dagang dan kegiatan operasional.

Lalu, sekitar 25% akan dipakai untuk membuka cabang baru BUAH untuk menjangkau daerah-daerah yang belum terjangkau tapi memiliki potensi bisnis, yakni Banda Aceh, Kendari dan Palu.

Tak hanya itu, Segar Kumala Indonesia juga membangun gudang cold storage di tiga wilayah itu untuk sebagai tempat pengambilan dan penyimpanan produk sementara.

Pada masa penawaran awal atau book building, BUAH mencatatkan kelebihan  permintaan atau oversubscribed sebanyak 3,24 kali.

Sedikit gambaran, Segar Kumala Indonesia berdiri sejak 2017 yang memulai bisnis perdagangan dan distribusi buah-buahan segar di daerah Jakarta dan sekitarnya dengan merk SK.