Semester I-2020, Buana Lintas Lautan (BULL) akan beli delapan kapal

22 Desember 2019 | Sumber: kontan

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) berencana menambah sedikitnya delapan kapal pada semester I-2020. Investor Relations PT Buana Lintas Lautan Tbk Gerryaldi Matio mengatakan perusahaan akan mengalokasikan total belanja modal sebesar US$ 160 juta untuk pembelian kapal tersebut.

“Semester pertama kami akan membeli kapal tanker minyak dan kapal tanker gas,” ujarnya Jumat (20/12).

Sementara untuk semester II-2020, BULL masih perlu memantau perkembangan kebutuhan kapal untuk pasar domestik dan internasional. “Bila sesuai dengan strategi pengembangan usaha perusahaan, sangat dimungkinkan untuk alokasi tambahan belanja modal guna beli kapal,” tambahnya.

Sumber belanja modal pada tahun depan berasal dari pinjaman perbankan baik dari dalam negeri maupun lembaga keuangan luar negeri, serta kombinasikan dari modal ekuitas BULL.

Sejalan dengan menambah armada baru, BULL juga terus berupaya mengerek tingkat utilisasi, yang mana pada tahun depan target utilisasi rata-rata di atas 95%.

Untuk itu, BULL tengah menjajaki beberapa kontrak baru di dalam maupun di luar negeri. Ia bilang, BULL tengah membidik kontrak-kontrak dari Pertamina untuk penyewaan kapal tanker minyak dan gas dengan berbagai ukuran.

“Namun selain itu BULL juga mulai membuka jalan untuk menyewakan kapal tanker minyak di pasar internasional dengan kontrak berjangka satu tahun hingga dua tahun,” pungkasnya.