Sukses IPO, Toba Surimi Industries (CRAB) Bakal Tambah 5 Kapal Baru

10 Agustus 2022 | Sumber: kontan

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) siap ekspansi pasca menggelar initial public offering (IPO). Ekspansi dilakukan dengan menambah kapal dan melebarkan pangsa ekspor.

Pada perdagangan perdananya, saham CRAB dibuka dengan terbang 34,67% ke level Rp 202 per saham pada hari ini(10/8). Nilai ini naik 52 poin dari harga IPO Toba Surimi yang berada di level Rp 150.

Dalam aksi korporasinya ini, CRAB melepas 390 juta lembar saham baru kepada publik atau sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Dus, dana yang dihimpun CRAB sejumlah Rp 58,5 miliar.

Direktur Utama Toba Surimi Industrie Gindra Tardy menjelaskan, dana segar yang berhasil dihimpun dari IPO bakal dipakai untuk belanja modal CRAB dalam ekspansi produk dengan pengadaan lima unit kapal laut.

Gindra bilang, Toba Surimi masih dalam proses untuk melakukan ekspansi pangsa pasar, termasuk ke China dan masih mengincar beberapa negara lainnya.

"Setelah dana segar diperoleh dari penawaran umum maka CRAB dapat memiliki kapal dan nelayan sendiri, tentunya Perseroan lebih bisa menjaga dan memperhatikan kualitas dan mutu dari bahan baku utama," kata Gindra dalam keterangannya, Rabu (10/8).

Jika mengintip prospektus perseroan, sekitar 94,53% dana yang diperoleh dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi bakal digunakan untuk modal kerja. Termasuk pembelian bahan baku, bahan penunjang, gaji dan tunjangan serta biaya operasional lainnya.

Kemudian, sekitar 5,47% akan dipakai untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) CRAB untuk ekspansi kapasitas produksi dengan pengadaan 5 unit kapal laut.