Telkom (TLKM) membuka pintu lebar untuk swasta demi mempercepat transformasi digital

21 Januari 2021 | Sumber: kontan

Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi menyadarkan semua pihak pentingnya era transformasi digital. Tranformasi ini yang menjadi fokus PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

"Adanya digitalisasi negara bukan hanya karena pandemi tapi juga supaya kita menjadi negara yang lebih maju," ujar Direktur Utama TLKM Ririek Adriansyah dalam acara 11th Kompas100 CEO Forum, Kamis (21/1).

Cuma memang, butuh investasi yang besar untuk transformasi tersebut. Oleh sebab itu, TLKM membuka pintu selebar-lebarnya jika ada investor yang ingin ambil bagian. "Kami tentu tidak bisa bekerja sendiri. Kami sangat terbuka baik BUMN maupun swasta demi mewujudkan digitalisasi Indonesia," terang Ririek.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury menjelaskan, saat ini muncul persepsi jika BUMN mencaplok hampir semua proyek. Menurut dia, itu persepsi yang kurang tepat.

Justru, BUMN ingin menjadi jembatan kemajuan ekonomi dengan menggandeng pihak swasta. "Jadi, bagaimana kami bersama swasta bisa menjalin lebih banyak kemitraan. Ini yang kami harapkan," kata Pahala.

Ririek menambahkan, pandemi telah membuat semua pihak beralih menggunakan platform digital. Demi mengimbangi tren tersebut, berbagai platform telah dan akan TLKM kembangkan, termasuk jaringan 5G. "Diharapkan, tahun ini kami masuk ke 5G," tandas Ririek