Terapkan E-Procurement, KB Bukopin (BBKP) Gandeng SAP Ariba

3 November 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, Investor.id - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) mengubah sistem procurement dengan menggunakan SAP Ariba Discovery untuk menjalankan sistem e-procurement. Langkah tersebut bagian dari transformasi digital
yang ditengah dijalan perseroan.

Transformasi digital terebut tidak hanya diimplementasikan pada sektor alur bisnis, sistem procurement juga dirombak dari sistem tradisional menjadi sistem digital. Hal tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan transparansi, efisiensi, serta peningkatan service level agreement (SLA).

Direktur Keuangan KB Bukopin Seng Hyup Shin menjelaskan, KB Bukopin senantiasa berkomitmen dalam transformasi digital perbankan untuk efisiensi kegiatan operasionalnya.

“Transformasi digital sektor perbankan, yaitu dengan mendefinisikan ulang proses bisnis di era teknologi saat ini. Ada empat bidang utama transformasi digital bagi perseroan, yaitu proses, teknologi, data, dan perubahan organisasi,” ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, SAP Ariba Discovery menyebutkan bahwa kerjasama dalam fungsi e-procurement dapat memperkuat posisi KB Bukopin dalam pengintegrasian teknologi masa kini pada bidang pengadaan dan manajemen aset.

Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro mengatakan, inovasi SAP memang difokuskan pada penyiapan teknologi untuk memperkuat perusahaan bertransformasi digital. “Harapannya, yaitu teknologi bisa diintegrasikan ke dalam proses bisnis, sehingga pengambil keputusan terbantu karena memiliki rekomendasi otomatis berbasis data di seluruh proses. Tentu saja hal ini sangat penting di industri perbankan Indonesia, termasuk di Bank KB Bukopin,”
terangnya.

saat ini, cakupan pengadaan yang bisa diakomodir melalui SAP Ariba sampai dengan 80% dari total pengeluaran kantor operasional cabang dan 50% dan pengeluaran kebutuhan departemen di kantor pusat KB Bukopin.

Persentase ini akan terus ditingkatkan hingga 90-95% dari total pengeluaran umum dan admistrasi bisa dilakukan melalui SAP Ariba, sehingga pengendalian atas proses pengadaan dapat dilakukan dengan lebih efektif.


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily