Terungkap, Rencana Bumi Resources (BUMI) terkait Hilirisasi Batu Bara

3 Januari 2023 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) tengah menjajaki proyek hilirisasi batu bara, seiring kebijakan insentif royalti 0% yang dicanangkan pemerintah.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Bumi Resources, Dileep Srivastava mengatakan bahwa perseroan sedang merencanakan hilirisasi batu bara dalam dua sampai tiga tahun mendatang atau medio 2025-2026.

"Kebijakan royalti 0% ini merupakan perkembangan yang menggembirakan bagi kami," jelas Dileep kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Sementara itu, sejak menjadi perusahaan bebas utang, Bumi Resources meraih peningkatan peringkat menjadi B3 dari sebelumnya Caa3, berdasarkan pemeringkatan Moody’s Investors Service.

Wakil Presiden Moody’s Maisam Hasnain menjelaskan, peningkatan rating ini mencerminkan peningkatan substansial dalam struktur permodalan Bumi Resources, setelah pelunasan utang sebesar US$ 1,6 miliar dengan hasil penerbitan saham baru.

"Kualitas kredit Bumi Resources akan terus diuntungkan posisi sebagai produsen batu bara terbesar di Indonesia,” tulis Hasnain.

Ia menambahkan, dalam prospek bisnis ke depan, terutama dalam mendanai diversifikasi bisnis BUMI yang mencakup investasi ke segmen hilir batu bara atau mineral non-batu bara.

Moody’s memperkirakan BUMI mampu menggunakan perusahaan kas internal selama satu hingga dua tahun ke depan.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily