Wijono & Hermanto Tanoko, Pemilik Cat Avian (AVIA) yang Jadi Orang Terkaya No 11

27 Desember 2022 | Sumber: investor.id

JAKARTA, investor.id - Perusahaan konglomerat asal Surabaya Hermanto Tanoko, PT Tancorp Bangun Indonesia (TBI) kini menguasai 752.636.700 saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) atau dengan porsi kepemilikan 62,55%.

Menurut laporan biro administrasi efek Ficomindo Buana Registrar, terjadi perubahan jumlah saham CAKK yang dimiliki Tancorp per 23 Desember 2022, dengan perubahan sebanyak 90.636.700 saham.

“Bersama ini kami sampaikan laporan perubahan data pemegang saham yang kepemilikannya 5% atau lebih per tanggal 23 Desember 2022 dari PT Cahayaputra Asa Keramik (CAKK),” jelas Direktur Ficomindo Jimmi Maulana Sidik dikutip Selasa (27/12/2022).

Sebelum perubahan, jumlah kepemilikan Tancorp sebanyak 662 juta saham CAKK atau 55,02%.

Saham Tancorp Bangun Indonesia sendiri dipegang oleh PT Tancorp Global Sentosa 99% dan PT Bemeroca Uniti Abadi Harmoni 0,1%. Penerima manfaat dari TBI adalah konglomerat Hermanto Tanoko yang juga merupakan pemilik produsen cat Avian, PT Avia Avian Tbk (AVIA).

Di TBI, Hermanto Tanoko juga menduduki posisi direktur utama. TBI memiliki aktivitas usaha sebagai perusahaan holding.

Orang Terkaya

Hermanto Tanoko bersama kakaknya, Wijono Tanoko, tercatat sebagai orang terkaya no 11 di Indonesia versi The Real-time Billionaires list dari Forbes per Selasa (27/12/2022) siang. Kekayaan keduanya total sebanyak US$ 3 miliar (sekitar Rp 46,9 triliun).

Pundi-pundi kekayaan mereka ditopang oleh PT Avia Avian Tbk (AVIA), produsen cat dengan merek Avian. Sang kakak menduduki posisi direktur utama dan Hermanto menggenggam jabatan komisaris utama perseroan. Hermanto kelahiran Malang, 17 September 1962. Sedangkan kakaknya lahir juga di Malang pada 28 Agustus 1952.

Avia Avian adalah perusahaan yang didirikan oleh almarhum Soetikno Tanoko, ayah dari Wijono dan Hermanto Tonoko, pada 1 November 1978. Hermanto mulai bergabung dengan Avia sejak 1982 dan Wijono pada 1983.

Pada 8 Desember 2021, Avia resmi menjadi perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham AVIA.

Tancorp

Hermanto Tanoko adalah pendiri dan pemilik Tancrop Group yang merupakan perusahaan induk di Indonesia yang bertumbuh secara eksponensial dari tahun ke tahun. Grup itu telah bertransformasi menjadi perusahaan holding nasional besar di Indonesia yang memiliki 8 perusahaan subholding yang bergerak di berbagai bidang industri. Mulai dari, industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran.

Dalam situs resmi Tancorp, dikutip Selasa (27/12/2022), dijelaskan bahwa perjalanan perusahaan dimulai sejak 43 tahun lalu, tepatnya pada 1979. Saat itu, Hermanto Tanoko, sang founder, mengemban amanah untuk mengembangkan PT Avia Avian atau yang dikenal dengan produknya, yakni Avian Paint. Bersama timnya, ia pun sukses mengembangkan bisnis tersebut hingga menjadi salah satu produsen cat nasional terbesar yang mampu bersaing dan mendominasi pasar di tengah maraknya produsen cat internasional di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, Hermanto Tanoko bertranformasi menjadi sosok yang inovatif, percaya diri, tangguh, dan penuh integritas. Ia pun mulai memberanikan diri untuk mengembangkan kemampuannya dengan melahirkan beberapa subholding yang bergerak di berbagai bidang industri. Mulai dari properti, consumer goods, distribusi, hospitality, ritel, healthy and beauty, makanan dan minuman, hingga bisnis jaringan. Hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari hulu hingga ke hilir.

Berkat langkah inovatifnya, Ia pun sukses membawa beberapa subholding tersebut menjadi yang terdepan di bidangnya. Berbekal kesuksesan tersebut, Hermanto Tanoko pun mulai berinisiatif mendirikan perusahaan induk yang mampu men-support serta menaungi brand-brand yang dikelola oleh delapan subholding tersebut. Tepat pada 28 November 2015 lahirlah Tancorp Abadi Nusantara.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily